Selasa, 30 Januari 2018

Published Januari 30, 2018 by with 1 comment

Pengertian, Perbedaan dan Kelebihan beserta Kekurangan Windows 32 bit dan 64 bit

Pengertian Jumlah Bit

     Jumlah bit merupakan satuan yang digunakan untuk menunjukkan ukuran data dalam processor yang dialirkan dari registry database, registry ialah tempat computer menyimpan informasi sementara.


Dalam 1 bit terdiri dari dua nilai dasar komputasi, yaitu angka 0 dan 1. Jadi, dalam system operasi 32-bit mampu hingga 64 nilai komputasi. Sedangkan untuk system operasi 64-bit, nilai komputasi yang bisa ditampung meningkat menjadi 4 kali lebih banyak, yaitu 256.

Sistem operasi 32-bit dan 64-bit itu memiliki hubungan erat dengan processor yang sedang dipakai oleh komputer. Jadi, saat memilih system operasi yang hendak digunakan, sebaiknya sesuaikan versinya dengan processor yang sudah tertanam pada PC anda.

Jadi, misalnya jika processor anda menggunakan sistem 64-bit, maka disarankan untuk menggunakan operating sistem 64-bit juga, walaupun bisa juga di aplikasikan pada operating sistem 32-bit.

Namun, jika processor anda menggunakan sistem 32-bit, maka anda tidak bisa menggunakan sistem 64-bit pada PC anda. Karena, processor 32-bit hanya kompitabel dengan sistem 32-bit.

Perbedaan Windows yang Menggunakan Sistem 32-bit dan 64-bit
1. Jumlah Ram yang Dapat Digunakan
     Untuk Windows yang menggunakan system 32-bit memiliki jumlah batasan RAM yang lebih kecil daripada yang 64-bit, yaitu hanya kurang dari 4GB (3,2GB) dan akan bekerja lebih optimal ketika menggunakan RAM 1GB dan 2GB.

Namun, untuk Windows yang menggunakan system 64-bit maka dapat membaca hingga lebih dari 4GB RAM. Jika pada Windows 32-bit dipasangkan RAM sebesar 4GB maka yang akan terbaca hanya hingga 3GB saja. Mengapa bisa begitu? Karena adanya perbedaan arsitektur processor antara 32-bit dan 64-bit.

2. Kompatibilitas Software
     Untuk Windows dengan system 32-bit tidak akan bisa menjalankan software 64-bit. Sedangkan Windows dengan system 64-bit lebih leluasa karena dapat menjalankan software 32-bit maupun 64-bit.

3. Performa 32-bit dan 64-bit
     Teknologi pada processor yang menggunakan system 64-bit lebih baru daripada 32-bit. Windows 32-bit dengan processor 32-bit juga, memiliki kemampuan berada di bawah 64-bit. Sehingga kombinasi Windows dan processor ini hanya cocok untuk melakukan pekerjaan ringan dan membuka aplikasi yang tidak terlalu berat. Namun, apabila Windows dan processor 64-bit cocok digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih berat seperti editing, desain, game, dll.

4. Kemampuan dalam Memproses Data
     Hal yang sangat mempengaruhi performa computer itu adalah adanya perbedaan arsitektur pada Windows dengan system 32-bit dan 64-bit. Angka 32 dan 64 itu sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam satu kali putaran.

32-bit yaitu ketika melakukan satu kali proses, data yang dimuat adalah sebesar 32-bit. Jadi, dalam satu kali proses data, Windows dan processor 64-bit lebih unggul.

Kelebihan dan Kekurangan 32-bit dan 64-bit

A. Kelebihan Windows dengan Sistem 32-bit, yaitu:
     1. Dapat menjalankan software dan aplikasi lawas dengan berbasis 16-bit.
     2. Lebih kompatibel dengan driver yang lebih lama. Cocok untuk laptop atau computer lawas.
     3. Dapat bekerja dengan optimal meski hanya dengan RAM 2GB.

B. Kekurangan Windows dengan Sistem 64-bit, yaitu:
     1. Hanya sedikit software baru yang kompatibel.
     2. Tidak bisa digunakan untuk software berat seperti Adobe After Effect.
     3. Tidak bisa menggunakan RAM lebih dari 4GB.

C. Kelebihan Windows dengan Sistem 64-bit, yaitu:
     1. Dapat menjalankan software 32-bit.
     2. Labih cepat dan efisien.
     3. Mampu membuat kineja processor lebih optimal.
     4. Cocok untuk menjalankan software terbaru yang mengutamakan grafis.

D. Kekurangan Windows dengan Sistem 64-bit, yaitu:
     1. Tidak cocok untuk PC lawas.

https://jalantikus.com/tips/perbedaan-windows-32bit-dan-64bit/
https://www.kompternet.com/2016/11/perbedaan-32-bit-dan-64-bit-kekurangan.html

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.